Assist Slipper Clucth dan SAPECS, Beda Nama Satu Fungsi

Gaes, teknologi yang nempel pada kendaraan roda roda dua di tanah air memang menjadi bahan untuk menunjukan kelebihan dari motor tersebut. Salah satunya adalah Assist Slipper Clucth yang nempel di motor motor Honda, Kawasaki, dan Yamaha. Sementara teknologi sejenis juga nempel di motor Suzuki, namun dengan nama yang berbeda yaitu SAPEC S(Suzuki Advance Power Engagement Clucth System). (SAPECS deh!!)

Kedua teknologi tersebut memiliki nama yang berbeda, namun fungsinya sama saja. Mari bahas satu-satu.

Assist Slipper Clucth

assist & slipper clutch punya dua cam, assist cam dan slipper cam. Keduanya menggerakan clutch hub dan mengoperasikan pelat kopling bersamaan, atau terpisah. Pada penggunaan normal, assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo , yakni menarik clutch hub dan mengoperasikan pelat secara bersamaan untuk menekan pelat kopling. Ini membuat beban per kopling berkurang, teraasa ringan saat menekan tuas kopling.Kebalikannya, saat melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja. Komponen ini memaksa clutch hub dan pelat terpisah, yang membuat tekanan pada pelat kopling berkurang. Dan mengurangi efek back torque yang bisa mengakibatkan ban belakang slidding (ngepot)

Suzuki Advance Power Engagement Clucth System (SAPECS)

Awalnya teknologi ini di pakai pada motor generasi Suzuki RC 100 sampai generasi SATRIA 120 RU (2tak) tetapi masih bernama PECS atau Power Engagement Clutch System . Setelah kemunculan Suzuki Smash teknologi PECS di kembangkan menjadi Suzuki Advanced Power Engagement Clutch System (SAPECS). Hal ini karena adanya perubahan pada sistem pegas diaphragma (per matahari) menjadi spring koil (per keong) pada kopling. Nah fungsi SAPECS sendiri adalah untuk menambah dan mengurangi gigi persneling secara cepat, dan halus dan mengurangi efek back torque yang berlebihan yang bisa membuat roda belakang mengalami slidding (ngepot). Teknologi ini masih di pakai dan masih di kembangkan lagi di motor keluaran terbaru Suzuki.


Berdasarkan fungsinya, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu meringankan proses perpindahan gigi, baik menambah atau mengurangi gigi, serta mengurangi efek back torque pada roda belakang. Kedepannya pasti akan ada teknologi yang lebih baik dari ini. Jadi di tunggu aja ya ges perkembangan teknologi di kendaraan roda dua di tanah air.
Sekian.

Comments

Popular Posts