Translate

Sabtu, 08 Oktober 2016

Menghilangkan suara berisik di gardan suzuki nex

Risih!!! ya itulah yang saya rasakan ketika tunggangan saya (Suzuki Nex) langsiran 2012 mengeluarga suara aneh di bagian gardan. Sudah hampir lima tahun saya bersama si item (sebutan kuhusus motor saya).Awalnya sih tak begitu terasa dan cuek dengan kondisi ini, tapi lama lama ga enak telinga ini di tambah pula sang istri yang sering ngomel ngomel pula.

Hadeh.?!$&#%@&# akhir nya saya bawa kebengkel sajalah dari pada istri komplen mulu. Oh iya sebenarnya ini bukan untuk yang pertama kali nya suara aneh muncul di area gardan, tapi ini sudah untuk yang ke tiga kali nya. Pertama kali muncul suara aneh ini ketika si item berusia dua tahun. Awal nya saya kira suara itu muncul di bagian cvt. Setelah saya bawa ke bengkel biasa langganan saya di daerah tarumajaya bekasi, saya bincang bincang keluhan saya sama si empunya bengkel di garaplah motor saya. Setelah cvt di bongkar dan di bersih kan ternyata suara aneh masih ada. Akhirnya saya bincang bincang lagi dan si empunya bengkel menawarkan untuk cek gardan.

Yo wes bongkar pak !!!
Setelah di bongkar di cek semua lah bagian laher yang ada di gardan dan ketemulah sumber suara aneh itu. Sumber suara berasal dari laher 6002 yang seret. Fix bongkar pak!!!! setelah penggantian laher yang seret selesai alhamdulillah suara aneh hilang dari si hitam.

Yah seiring berjalan nya waktu suara itu muncul untuk kedua kali nya. Ya mungkin karna faktor pemakaian dari saya yang bisa di bilang EXTREME. Gimana engga oli gardan yang seharus nya tiap 2000 km harus ganti sama saya malah lebih dari 2000 km baru ganti. Selain itu juga si item sering saya ajak jalan jauh. Dalam setahun bisa tiga sampai lima kali pp Bekasi - Kebumen. Jalur yang saya ambilpun beda beda, kadang via Pantura yang jalan nya ancur kadang via Bandung yang naik turun meliuk kiri kanan.

Balik lagi ke topik utama, yah mungkin faktor tadi yang memperpendek usia bearing nya. Dan setelah di bawa ke bengkel resmi suzuki di daerah tambun. Saya pun minta sang mekanik tuk mengganti part yang sama seperti sebelum nya. Yapz ganti bearing/laher 6002,setelah ganti bearing/laher suara hilang bak di telan bumi.

Sudah dua tahun sejak penggantian laher di tambun suara itu akhirnya dateng lagi dan bahkan lebih parah. Koyo setan ae nongol ngilang nongol ngilang. Karna saya sudah tau penyakit nya di mana ya udah cus otw bengkel terdekat aja di daerah cikarang baru. Setelah ngobrol ngobrol sama owner bengkel tentang keluhan saya ,di bongkarlah gardan si item.

Setelah di bongkar ternyata eh ternyata ada 3 laher yang harus ganti. Kalau tidak salah laher 6202  dua pcs dan laher 6002 satu pcs. Berhubung di bengkel tersebut tidak ada seal untuk laher 6202 akhir cuma ganti laher 6202 satu pcs dan laher 6002 satu pcs. Setelah di pasang semua laher nya sama sang mekanik di cobalah di tempelin gear yang ada di gardan tanpa penutup. Pas di coba di putar putar pake tangan suara aneh (srog srog srog)masih ada. Tapi tak se brisik sebelum nya. dan si mekanik menganjurkan untuk mengganti semua gear gear yang ada di gardan

Dengan berat hati saran tersebut saya tahan dulu untuk ganti gear. Dari pengalaman ini kedepan nya buat user SUZUKI NEX aka saya sendiri untuk mengganti oli gardan tepat waktu. Jangan nunggu rusak, wong oli gardan ra nyampe 20 ribu. Dari pada kedepan nya rusak gantinya bosa lebih dari harga oli gardan.

sekian pengalaman panjang saya menghilankan suara aneh (srog srog srog srog ) di gardan suzuki nex. Semoga hal ini tak menimpa pada user lain nya. thx

Featured Post

Cara Convert Video ke File Audio [AAC, MP3, FLAC ] Di Android

Gaes, kali ini saya mau share cara convert Video ke file audio berformat AAC, MP3 & FLAC di smartphone android. Cara cukup mudah, hanya...